Kamis, 14 Mei 2009

judul gak penting

Ini postingan yang mo q post dari dua hari yang lalu, cuma baru sekarang sempet post. Hehehe

hah, akhirnya selesai juga ujian Penyuntingan. gila. soalnya gak kebayang semua... (gara-gara gak belajar sih, tepatnya)

reviewnya gini,

1. Jelaskan dengan singkat bagaimana sejarah munculnya penyuntingan di Indonesia. (gak kejawab, bahkan sampe dosennya bilang kalo waktu ujian udah habis!!!)
2. Keberadaan majalah ilmiah dalam suatu sekolah atau dalam suatu lembaga pendidikan sangat penting artinya. Berikan tiga alasan mengapa demikian? (ngarang indah!!)
3. Pada garis besarnya, ada tiga hal pokok yang perlu disunting dalam suatu naskah, khususnya yang berupa naskah ilmiah. Sebutkan dan jelaskan ketiga hal pokok tersebut. (sama kasusnya dengan nomer 2, ngarang2 wae!!)
4. Jelaskan perbedaan antara naskah anak-anak dan naskah orang dewasa dari segi isi dan bahasa. (yang ini bisa dikit2... :p)

yah, gini deh jadinya kalo jadi mahasiswa suka ngarang. ujian pun dijawab dengan ngarang...hehehe...

tapi, sebelum ujian, sempet ada kasus khusus nih. menyangkut si mpok dakobrot alias lumba-lumba alias widi. ceritanya, si bu menwa alias dewi mengeluh gak bisa tidur. tadi jam tiga pagi baru bobo. udah dua hari kayak gini, jadinya kemaren ngantuk bangets.

aku: haha...kamu baru dua hari, wi. aku pernah dua minggu bobonya jam 2 ato jam 3 pagi!!dua minggu!!! bayangin tuh...
dewi: (kijep2 ngantuk. aku ngerti banget, itu mata pasti perih banget)
widi: eh, waktu ini aku sempet baca di buku, katanya orang insomania (sekali lagi, insomania, bukan insomnia) itu karena stress di bawah alam sadar kita... (gayanya menggebu-gebu)
fika:???insomania???insomnia kaleee....
aku: iye...sok tau lu ah...
widi: oh iya!! insom...som...nia....
fika: wah, berarti papi dua minggu insomnia gara2 chan2 kali. makanya, jangan mikirin chan2 mulu...
aku: hah??? (gak nyambung.belum konek antara insomnia dengan chan2 tercinta)
dewi: hah??trus, wi stress karena apa dunk???

tapi, pembicaraan kami kemudian bukan tentang penyebab si dewi kena insomnia parah, tapi sibuk membenahi mulut si dakobrot yang nggak bener2 ngucapin insomnia. dari insomania, jadi insominia...halah....

akhirnya, mami fika memberikan jalan keluar.

Mami fika: gini loh, Di. Penyakit susah tidur ntu, namanya insomnia. Trus, org yang suka gak bisa tidur kayak si papi nih (maksudnya aku), namanya insomania.

Widi: trus, insominia?

Mami fika: (mikir….)

Aku: ah, insominia itu, insomnia level rendah. Baru stadium satu lah… (girang, ngerasa pinter…)

Habis ujian, sempet ke puskom buat onlen bentar, trus rapat di UKM. Nah, pas rapat itu, sebel sendiri. Habis, ketupatnya (ketua panitia) gak asyik. Masak rapat di UKM yg sempit gitu, padahal yang dateng rapat banyak. Mbok ya dipindah gitu tempat rapatnya kek. Kan bisa tuh di halaman depan BEM. Jamanku masih baru ikut KSR, kalo rapat, trus tempatnya mulai gak cukup, biasanya kami pindah ke halaman depan BEM atau ruang sidang di sebelah UKM. Atau ke ruang kuliah Fisika, mengingat sore2 ruangannya gak kepake. Atau, seperti belakangan ini, di belakang UKM, di pelataran parkir puskom.

Karena gak dapet tempat di dalem ruangan, jadilah aku, mami fika, kak teguh, sama Asmara Wijaya alias Mang ‘De alias Komang ngegembel di serambi UKM. Biar gak boring, aku pinjem gitarnya anak2 mapala, trus ngamen deh di sana. Sempet diomelin kak rauh sih…hihihih….

Malemnya, aku nonton MGS Dies Undiksha di gedung Gde Manik. Pertamanya, mau tugas jaga PP (Pertolongan Pertama). Tapi, berhubung mami fika nggak sabaran nunggu, ya udh, aku gak jadi ngambil rompi KSR di UKM. Dari kos (habis makan) aku langsung ke GM, nonton…

Ngomong2, MGS Dies kali ini adalah peringatan setahun Serangan Fajar Kentut Bau ala Ulin. Makanya, tadi waktu makan sengaja aku rebus telor biar serangan fajar tahun ini mantep. sayang, keinginan bejatku itu gak terkabul. Biarpun di dorong sekuat tenaga, itu gas beracun yang disinyalir bisa memusnahkan peradaban manusia hingga 100 abad, gak keluar2 juga. Huhuhuh….

MGS baru lese jam setengah satu dini hari. Gila!! Itupun masih ada band terakhir yang mau tampil. Pertamanya sih, pengen langsung pulang. Tapi, ternyata band yang mau tampil itu vokalisnya kak To’enk, anak seni rupa yang ancurrr abis…. Waktu itu kak to’enk pake baju hitam gak berlengan, robek di bagian ketiak, gambarnya simbol superman gitu. Aku langsung teriak2 heboh: “To’enk supermaaaannn!!!! To’enk supermaaannnn!!!!”

Jadilah mereka jejingkrakan di atas panggung, ditemenin beberapa penonton yang tersisa (yang tentunya sama ancurnya dengan band yang namanya Potlot itu). Beberapa panitia juga ikut jejingkrakan di sebelahku.

Cuma, ending acaranya jadi gak bagus gitu. Hampir terjadi gontok2an antara Potlot cs VS panitia. Awalnya, gak ada masalah antara mereka. Tapi, tiba-tiba beberapa panitia ada yang beres2in kursi yang tadinya buat rektor, pembantu rektor, dekan, dan dosen2. trus, tau2 mati lampu. Ada sekitar 2 ato 3 menit kemudian, lampu baru hidup. Mau gak mau, Potlot cs turun panggung, meski lagi asyik2nya ngeband. Trus, pas mereka lewat deket aku duduk, aku denger ada yang gak terima dengan kejadian itu.

Ada yang curiga, perkara mati lampu itu memang disengaja, karena Potlot gak mau berenti ngeband. Di sisi lain, gitaris Potlot gak terima karena panitia tiba2 beresin kursi pas mereka lagi tampil, padahal niat mereka tulus mau menghibur panitia dan sisa-sisa penonton yang masih bertahan. Sementara, panitia gak ada yang mau konfirmasi ato klarifikasi masalah itu. Setelah udah agak lama baru ada yang mau nyamperin dan ngajak ngomong. Itupun setelah berlalu satu jam dan Potlot gak pulang2 juga, melainkan nungguin di depan gedung.

Peristiwa itu sempet bikin suasana tegang dan ada panitia yang jatuh pingsan karena stress mikirin hal itu. Berhubung aku gak terlibat, ya asyik2 aja nonton. Hehehe….sambil nguping2 dikit karena relevan banget buat dijadikan berita di kuliah Peliputan.

Pada akhirnya, toh mereka bubar juga setelah diberi penjelasan, bahwa mati lampu tadi karena tegangan listrik melemah (banyak yang gak percaya dengan pernyataan ini! Sebagian besar orang menganggap itu sebagai sabotase!), dan perkara beres2 kursi, panitia minta maaf kalo itu menyinggung perasaan.

Well, bahas lama2 bosen deh. Yang jelas, kemudian berita itu menyebar pelan2, tapi cukup dasyat untuk bikin heboh. Soalnya, di kampusku yang kayak gitu2 jarang diekspos….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar