Selasa, 24 Maret 2009

semua ini membuatku (tambah) gila!!!

sebenernya ini postingan harus dipost kemaren...cuman, dari tadi nyoba post di multiply gak bisa-bisa. post di sini aja deh...

Sebenernya ada banyak hal yang asyik dalam hidupku belakangan ini. Cuma, suka males ngetik. Gak punya waktu pula. Nah, berhubung sekarang ada waktu, dan ada yang pengen diceritain, jadi disempet-sempetin deh…

Kemaren itu adalah 1 hari yang seru banget! Pas mau berangkat ke kos (aku dah kos di Abimanyu 1 sejak semester 3 kemaren), ada temen nanyai MK (Mata Kuliah. Mulai sekarang kita singkat jadi MK) Peliputan. Ternyata oh ternyata, hari selasa besok kita udah mulai melaporkan apa yang udah kita temuin di lapangan. Jadi ceritanya, aku ama temen-temen sekelas dapet tugas ngeliput suatu tempat. Ini tugas akhir semester alias proyek kita selama 1 semester ini di MK Peliputan. Jadilah aku putar haluan ke barat mencari kitab suci, eh bukan, mencari Mas Nanoq yang aku maintain bantuan selama aku ngeliput desa Candikusuma, Negara.

Mas Nanoq alias Nanoq da Kansas adalah seorang sastrawan yang beberapa minggu lalu, tepatnya pas Valentine, tampil di kampus membawakan musikalisasi puisi bareng Pesaji alias Penyanyi Sakit Jiwa. Musikalisasinya keren. Cari aja di site ini: http://pesaji.blogspot.com/

Ini kedatanganku yang kedua kali ke Negara. Dulu pernah sekali buat nyari pacar (sekarang mantan. Hehehe…), Chandra yang pemain biola di Pesaji. Cerita tentang aku dan dia, kapan-kapan ajah. Kukira, rumah Leonk, temennya Chandra yang ternyata juga temenku di kampus (seangkatan, cuman beda jurusan), deket dengan rumahnya Mas Nanoq. Jadi, dengan birama 4/4 aku melaju dengan mio kakakku ke desa Satria (Fitri Supri Hartantiku dipake Bapak dan kakakkku pulang ke Jawa. Btw, jangan salah, yak, Fitri Supri Hartanti itu nama untuk motor Supra Fit-ku. Hehehe …. :p). Eh, gak taunya, Leonk SMS kalo desanya Mas Nanoq ada di Moding Kaja, Melaya. Pas aku tanya sama Pak Polisi, ternyata Moding Kaja udah kutinggal jauuuuhh… di belakang. Ada kali 15 km… ~_~ Mana Mas Nanoq susah banget dihubungi.

Akupun balik ke Melaya, ke desa Candikusuma. Belok ke utara, trus lurus ampe mentok di dusun Warnasari. Tadi udah ketemu Moding Kaja sih, sebelum nyampe Warnasari. Tapi, berhubung udah nyasar, ya jalan-jalan aja sekalian. Desanya sepiiiii banget. Bahkan, desaku di Sumberkolak, Situbondo, Jawa Timur, aja kalah sepi.

Begitu memutuskan untuk balik ke Moding Kaja, SMS Mas Nanoq dulu. Masih gak bisa. Akhirnya, q tunggu di dpn kantor kepala dusun. Masih gak ada kabar…hati udah makin gelisah ==> geli-geli basah… akhirnya, aku jalan ajah, sapa tau ada orang yang bisa ditanyain..eh, taunya ada mas-mas nyetop aku n ngasih tau rumahnya Mas Nanoq. Hati udah ketar-ketir. Orang sakti dari mana neh? Koq tau, aku lagi nyari Mas Nanoq? Padahal, aku belom ngomong ape-ape. Orang pinterkah? Paranormalkah? Paraabnormalkah? Eh, taunya itu adeknya Mas Nanoq yang kepala dusun Moding Kaja. Hehehe….

Aku langsung ke arah yang ditunjuk n ngikutin petunjuk untuk sampe ke rumahnya Mas Nanoq. Perjalananku ini akan kuceritakan dengan feature lain kali. Katanya sih, rumahnya Mas Nanoq ada di paling ujung. Udah ketemu rumah yang paling ujung, aku lurus-lurus ajah. Sapa tau masih ada rumah laen.eh, ada guk-guk ngejar dari rumah itu. Aku cuek aja. Padahal, hati udah ketar-ketir..takut digigit..hihihi…

Di ujung jalan setapak ntuh, ternyata udah mentok. Bisa belok kanan, tapi langsung masuk sungai. Sungainya sih lebar, tapi dangkal banget. Jadi bisa jalan-jalan buat ngeliatin. Ya udah, aku turun aja ke situ. Kutinggal motorku begitu ajah. Sebelum turun ke sungai, sempet liat ada orang ngeliatin dari rumah ujung tadi. Tapi kucuekin aja.

Puas liatin sungai dan mikir kenapa jejak motornya berakhir persis di pinggir sungai, aku naik dan ngambil motor, mau nanya-nanya rumahnya Mas Nanoq. Eh, gak taunya ada ibu-ibu bawa motor nyamperin, kirain suruhannya Mas Nanoq yang dikirim khusus jadi message delivery service, tawnya orang lagi lewat trus dititipin pesen sama Mas Nanoq kalo rumahnya Mas Nanoq emang yang di ujung tadi. Selidik punya selidik, ternyata orang yang tadi ngeliatin aku pas aku mau turun ke sungai ntuh, tak lain dan tak bukan, ya Mas Nanoq sendiri. Mwaahahahah…


Akhirnya, aku balik mau ke rumah di ujung tadi. Tapi, dua anjing tadi ternyata nungguin aku! Jadi deh aku teriak-teriak tancap gas motor karena dikejarin tuh dua anjing… di depan rumah ujung jalan, aku berhenti. Ajaib! Tuh anjing-anjing ikut berenti. Cuma mereka langsung gong-gong gituh. Bikin aku tambah lemes. Trus, dari dalem Mas Nanoq manggil-manggil, bilang “gak pa-pa! gak pa-pa!! anjingnya gak gigit, koq!!!” berkali-kali. Gigit sih nggak, gong-gongnya itu loh yang bikin serem!! Sapa tau tiba-tiba anjing itu loncat dan …. Krauk!! Jadilah aku krupuk yang lezat buat mereka (aku pilih krupuk mengingat badanq yang kerempeng ini gak pantes dibilang potongan daging… :p)

Lalu, terjadi dialog singkat di sela-sela gonggongan anjing yang masih bersemangat “ngajak maen”…

Nanoq: gak pa-pa! masup ajah…anjingnya gak bakal gigit, koq!!! Mereka cuma mo ngajak maen..
Aku: gak mau!!! Anjingnya nakutin!!!
Nanoq: dibilangin…nggak pa-pa..bener, deh!
Aku: aduh, lemes nih….masih kaget…pokoke gak mau masup!!
Nanoq: (garuk-garuk kepala. Bingung mo ngerayu gimana lagi biar aku mau masuk & gak takut lagi sama kedua anjing itu)

Singkat cerita, akhirnya aku berani juga masuk ke halamannya. Ternyata emang bener, mereka (anjing-anjing tadi) cuma mo nyapa & ngajak maen. Yang cokelat namanya Bagong, yang putih gak tau namanya.. di halaman, kita duduk-duduk di bale-bale. Asyik banget. Nyaman deh pokoknya…

Di situ, kita cerita-cerita, trus mulai ke inti alasanku ke sana, tugas Peliputan. Yah, pokoke Mas Nanoq ngasih data yang kira-kira diperlukan untuk tugasku. Gak kerasa udah malem, aku diusir pulang setelah dipaksa makan. Bertamu ke rumahnya Mas Nanoq gak berasa jadi tamu. Kalo mau makan, makan aja sendiri. Ambil di dapur. Cuma, berhubung ini kunjunganku yang pertama, aku masih ditawarin makan dulu. Seperti orang timur pada umumnya, yah aku pasang aksi malu-malu kucing gituh. Sok-sok gak mau makan. Toh, pada akhirnya aku embat juga makanan di dapur. Hehehe….maklum, belum makan dari pagi…

Di jalan, dalam perjalanan pulang, baru deh aku ngerasa kemaleman. Baru ngerasa Singaraja-Negara itu jauh. Baru ngerasa takut pulang. Baru ngerasa takut di jalanan sendirian, dalam gelap… ~_~

Biar gak takut, aku akhirnya nyanyi-nyanyi gak jelas. Nyoba nyanyiin musikalisasi yang aku buat, nyanyiin musikalisasinya Mas Nanoq, nyanyiin lagu-lagu patah hati (berhubung masih patah hati…), trus mulai kumat deh penyakit gilaku yang no 2: suka tiba-tiba teriak-teriak gak jelas. Sepanjang wilayah Taman Nasional Bali Barat, aku nyanyi-nyanyi sumbang, keluar hutannya mulai teriak-teriak gak jelas. Memasuki gerokgak sampai seririt aku ngoceh-ngoceh sendiri, seolah-olah lagi ada yang kuajak ngomong (untung gak ada yang nyahutin ocehanku…hiiii…. =>penyakit gilaku yang no 1.

Sampe seririt, mulai menghayal ntar di kos mau ngapain. Berhubung gak bawa discman (karena discmannya lagi error, lasernya gak mau bagus. Padahal, CDnya masih baru, tapi lagunya macet-macetan gituh. Kalo ada yang tau cara benerinnya, tolong kasih tau dong…), tujuan utamaku adalah ke warnet. Mau download videonya bond, video-video tentang biola (semangat kembali belajar biola!!!), mau nambah foto-foto FS sama FC plus mo nambah temen2 juga. Trus, tiba-tiba tanganku lemes. Bener-bener lemes…seakan tenaga yang tadi berkobar menguap begitu aja. Tiba-tiba aja aku inget, kunci kamar kos selalu aku sangkutin di kunci motorku. Nah, motorku, si Fitri Supri Hartanti tercintaku itu dibawa ke Jawa sejak siang sama Bapak dan kakakku. Berarti aku nggak bawa kunci motor!!! Wadaw….!!!! Bodong lu, Lynn!!!! Bener-bener bodong dah!!!! Trus, ntar masup kamar gimane caranye???

Dengan tangan gemetar karena dingin yang menusuk dan grogi, kuambil hape dari kantong kiri celana, mencoba SMS kakakku, sapa tau doski gak bawa kunci kos, n ditinggal di rumah. Jadi bisa mampir ngambil kunci kamar. Dan apesnya, kunci kamar kakakku juga dia bawa. Dia selalu nyimpen tuh kunci laknat di dalam dompetnya. Doski suruh aku hubungi kak Gede, asisten Ibu Kos. Kalo urusan kayak gini, biasanya kita lgsg minta tolong ama Kak Gede. Habis sudah riwayatku sebagai mahasiswa. Alamat ngegembel tidur di kolong jembatan neh…

Sampe di kos sekitar jam 10-an. Aku coba hubungi kak gede. Gak bisa. Aku SMS aja deh.. agak lama, dia bales kalo da di rumah, gak di kos. Jadi baru besok bisa bawain.. ya Tuhan, mampus hamba-Mu ini..langsung deh SMS Mami Fika, minta ijin nginep di sono. Gak ada balesan. Berarti tuh anak udah tepar. Tewas di alam mimpi. Coba SMS Dewi, setali tiga uang. Gak ada balesan. Akhirnya, daripada stress, aku cabut ke Kampus Tengah, naroh tas sama belanjaan di sekretariat UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) KSR. Bagi yang belom tau, dan kayaknya belom ada yang tau, aku tuh anak KSR alias Korps Suka Rela. KSR ntuh salah satu bagian keluarga besar PMI. Begonoh… dari UKM aku ke warnet 24 jam di Banjar Tegal, deket rumahnya Mami Fika. Di situ aku onlen mpe mau modar. Mata udah sepet banget. Perut keroncongan karena cuman sekali makan dalam seharian itu di rumah Mas Nanoq. Jam 1 dini hari, balik ke UKM, gerbang udah ditutup. Untungnya gak digembok sama Pak Satpam. Cuma dirapetin aja. Di UKM, aku langsung tidur. Syukur banget dah, ada sleeping bag yang ditinggal di situ. Belakangan ini emang sering ada yang ninggalin sleeping bag. Mungkin maksudnya biar gampang ngambilnya kalo lagi perlu. Kemaren-kemaren, sih ada dua. Punya Kak Agus, komandan KSR yang lama, sama punya Erika. Tapi pas itu cuma ada 1. kalo ditebak dari baunya, kayaknya itu punya Erika deh. Soalnya bau!!! Kalo punya kak Agus gak bau…hehehe…

Nasib….nasib…ini kedua kalinya aku tidur di UKM. Sebelumnya aku tidur sehari sebelum DIKLATSAR KSR Undiksha yang ke-13, Februari lalu. Sebagai koordinator sie keamanan dan kedisiplinan, aku punya tanggung jawab untuk ngecek perlengkapan CA (Calon Anggota) sebelum berangkat. Jadi, jam 3 pagi udah harus siap. Masalahnya, waktu ntuh pan rame-rame bareng temen-temen. Nah, sekarang aku boboknya sendirian… ~_~
Gak pa-pa, deh! Yang penting hepi… :p

Ya udah, dengan jaket parasut tebel plus sleeping bag pinjeman, aku tidur di UKM deh. Sendirian. Lampu UKM sengaja aku matiin biar gak ada yang tau kalo ada aku di sana. Rencananya, jam 7 baru bangun…

Jam setengah 7 pagi, kak Gede SMS, bilang kalo dia udah bawain kunci kamar. Langsung deh aku balik ke kos dengan mata sepet, belum cuci muka, sikat gigi apalagi…^_^

Finally…..

Aku berhasil buka kamar kos…..mwhahahahaa…..!!!!! tapi, gara-gara begadang, pas kuliah Wacana jadi ngantuk berats!! Mata sepeeeettt…banget….!!! Tersiksa deh pokoknya. Dalam hati aku cuma bisa membatin, memaki-maki waktu yang berlalu begitu lambat. Memaki-maki kebodonganku karena lupa ngambil kunci kamar di gantungan kunci motor. Memaki-maki dosen yang lagi kangen-kangenan karena selama 1 bulan ini gak pernah dateng kuliah. Maklum, waktu itu beliau lagi dioperasi kelenjar prostatnya karena bengkak. Jadi, kita cuma dikasih tugas ajah. Sekarang, dosen yang bernama unik itu (Pak Gosong), asyik kangen-kangenan sama mahasiswanya. Asyik cerita tentang operasinya. Asyik cerita tentang gimana dia gak bisa dateng ke resepsi pernikahan salah satu kakak tingkat kami yang akrab dengannya karena pada saat resepsi itu dia lagi dioperasi.

Sakit jiwa aku!!!!

3 komentar:

  1. ehhh!!!!!!!!
    buduh!!!!!!!!!!
    insaaap buuuu!!!!!

    BalasHapus
  2. woiiii bu!!!!
    pictoreeyalebay.blogspot.com
    kunjungi!!!!!!!!

    BalasHapus
  3. salah2, piktoreeyalebay.blogspot.com

    BalasHapus